Hi, guest ! welcome to TV LIFE STREAMING. | About Us | Contact | Register | Sign In
Categorie : Home | LIVE | VIDEO | TV | STREAMING | Google | Widget | Facebook

Thursday, March 14, 2013

Tips Membuat Video Dokumentasi atau Film Dokumenter

Tips Membuat Film Dokumenter
Jika anda seorang yang menggemari Dunia Film, tentu anda juga berambisi suatu saat akan mencoba untuk membuat sebuah video dokumentasi atau sebuah film dokumenter. "Ingin belajar membuat film yang bergenre dokumenter?" Membuat film bisa jadi kegiatan yang sangat mengasyikkan. Karena, dengan membuat film kita bisa mengaplikasikan beragam ide yang kita miliki, dan tidak hanya itu, rasa puas pun akan muncul jika film yang kita buat mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat luas.

Nah, bagi Anda yang saat ini ingin membuat film dokumenter, namun bingung untuk memulainya, berikut adalah beberapa tips singkat cara membuat film dokumenter.
  • Sediakan Peralatan yang dibutuhkan (terutama Video Camera, bisa berupa Handycam ataupun Camera Video model Lainnya yang dapat merekam Gerak dan mengambil objek gambar bergerak.
  • Tentukan Tema Video yang ingin anda buat dan pastinya sesuaikan Tema Video yang akan anda buat dengan Lokasi pengambilan Video.
  • Fokus Pada Objek Rekaman. Saat mulai melakukan perekaman, usahakan posisi tangan dalam keadaan kokoh. Kamera yang bergoyang sangat mempengaruhi rekaman video. Agar kamera tak bergoyang, gunakan bantuan penyangga seperti tripod atau monopod.Walau begitu, Anda tetap harus berlatih memegang kamera dengan stabil, karena Anda tidak bisa mengandalkan tripod terus-menerus. Bayangkan bila Anda harus menentengnya dari satu tempat ke tempat lain. Boleh saja memakai tripod, tapi hanya untuk merekam obyek yang tak bergerak dalam jangka waktu lama.
  • Mengontrol Posisi Gambar. Apabila obyek yang Anda bidik terlalu jauh dari posisi Anda, usahakan untuk memakai fasilitas zooming. Meski fasilitas pembesaran tersebut sangat mudah digunakan, fokus obyek harus tetap terjaga.
  • Frame. Mulailah mengatur komposisi antar obyek bidikan, sehingga berada dalam satu frame yang baik dan sesuai. Sebuah klip yang akan Anda rekam bisa mempunyai komposisi yang baik apabila menggunakan teknik dasar komposisi. Pertama, komposisi balance, yaitu dengan membayangkan garis horizontal dan vertikal. Pertemuan garis tersebut adalah titik yang tepat untuk obyek bidikan. Namun, Anda juga bisa menggunakan komposisi yang tak lumrah untuk menghasilkan efek-efek tertentu. Perhatikan masalah overscan yang biasanya memotong sinyal video dan mengaburkan obyek bidikan. Aturlah ruang kosong di atas frame ketika merekam obyek.
  • Kontinuitas. Saat merekam, sebaiknya Anda memikirkan jalan cerita video tersebut, sehingga klip memungkinkan dipotong saat editing. Usahakan merekam satu obyek dari beragam angle atau sudut pandang. Anda bisa menggabungkan rekaman video close-up, rekaman pendek, dan wide-angle. Yang penting, pastikan antara satu frame dengan frame berikutnya memiliki keterkaitan. Misalnya saja, ketika Anda merekam di area terbuka, maka pastikan pencahayaan diatur sama.
  • Background - Foreground. Sangat penting untuk menempatkan obyek bidikan berada dalam posisi yang nyaman dilihat di dalam sebuah frame. Pastikan foreground dan background tidak saling membuat pandangan bias. Bidiklah obyek tertentu dengan latar belakang yang kosong. Apabila background berupa suasana di pusat perbelanjaan, maka penonton tak lagi fokus di obyek utama tersebut. Hindari juga memakai background yang intrusif. Misalnya menempatkan obyek di depan pohon, sehingga kelihatan pohon tersebut tumbuh di kepalanya. Prinsip serupa bisa diterapkan untuk foreground. Pastikan tak ada orang yang melintas di depan kamera saat Anda sedang membidik obyek tertentu.
  • Plan the Pan. Cobalah gunakan teknik pan, yaitu merekam obyek yang bergerak pada bidang horizontal. Anda bisa memakai teknik tersebut untuk dua keperluan. Pertama, merekam area obyek yang luas ke dalam satu frame. Misalnya saja Anda ingin merekam pemandangan indah di gunung atau arsitektur bangunan. Kedua, ketika Anda ingin merekam obyek yang bergerak pada jalur tertentu, misalnya balap F1, balapan kuda, atau orang yang berlari. Yang penting, pastikan gerakan obyek tertangkap dengan jelas berikut gerakan yang akan direkam terakhir. Untuk merekam gambar bergerak, sebaiknya gunakan bantuan tripod agar gambar tak goyang.
  • Efek Khusus. Pada kamera video modern, biasanya telah tersedia efek video built-in di dalam menunya. Sebelum Anda memakai efek tersebut, pikirkan kembali apabila video akan Anda edit kembali. Bila ya, maka tak perlu untuk memakai efek-efek yang tersedia di kamera, karena efek tersebut tak bisa dinormalkan kembali saat Anda mengedit video tersebut. Anda bisa menambahkan efek melalui program video editing. Kecuali, Anda memang ingin memutar film langsung di TV, maka Anda bisa memakai efek-efek film bawaan kamera video.
  • Pengaturan Cahaya. Pencahaayan merupakan salah satu faktor yang penting ketika merekam video. Tapi cahaya yang terlalu banyak akan membuat obyek terlihat putih menyerupai hantu. Sebaliknya kurang cahaya bisa pula membuat obyek tidak terlihat. Untungnya, kebanyakan kamera video kini telah menyertakan setelan pencahayaan otomatis. Namun demikian, saat merekam di luar ruangan sebaiknya posisi Anda membelakangi cahaya matahari.
  • Suara dan Visi. Setelah teknik video Anda kuasai, perhatikan juga masalah audio. Film yang baik sebaiknya memang memiliki perpaduan gambar dan suara yang seimbang. Kamera video biasanya menyertakan mikrofon built-in untuk merekam suara. Namun demikian, biasanya mikrofon tersebut juga merekam suara yang berada di sekitar obyek bidikan, seperti suara bising, angin, dan nafas si kameraman.
  • Persiapan. Sebelum merekam, pastikan kamera dan peranti pendukung sudah dalam keadaan siap. Pastikan power baterai dalam keadaan penuh. Apabila kurang, charge baterai, hingga power-nya maksimal. Biasakan juga membuat checklist atau daftar alat yang harus Anda bawa ketika merekam. Ketika Anda bepergian jauh atau melakukan rekaman berjam-jam, usahakan.
Demikianlah Artikel "Tips Membuat Video Dokumentasi atau Film Dokumenter" yang sangat singat dan mungkin dapat bermanfaat bagi anda yang sedang ingin belajar tentang cara pembuatan sebuah film dokumenter.
Share this article now on :

+ comments + 4 comments

June 7, 2013 at 7:12 AM

informasi nya bantu gw banget buat kenangan kls thnks ya B-)

Terimakasih Tango Delmond atas Komentarnya di Tips Membuat Video Dokumentasi atau Film Dokumenter
July 11, 2013 at 12:20 AM

ini nih informasi yang bikin greget!!

Terimakasih Nursing Student ID atas Komentarnya di Tips Membuat Video Dokumentasi atau Film Dokumenter
August 14, 2015 at 3:46 AM

menambah wawasan,. (Y)

Terimakasih Mempawahistoria atas Komentarnya di Tips Membuat Video Dokumentasi atau Film Dokumenter
October 12, 2018 at 10:55 PM

Hmm

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Tips Membuat Video Dokumentasi atau Film Dokumenter

Post a Comment