Hi, guest ! welcome to TV LIFE STREAMING. | About Us | Contact | Register | Sign In
Categorie : Home | LIVE | VIDEO | TV | STREAMING | Google | Widget | Facebook

Monday, January 7, 2013

Saat Anak Belajar Dewasa - Edutainment Di Kidzania

Anak-anak Sekolah sebentar lagi akan kembali masuk sekolah setelah liburan panjang pasca-terima rapor semester. Banyak di antara mereka menghabiskan waktu pergi ke luar kota/negeri, kemping, sibuk olahraga, mengunjungi tempat wisata atau hanya sekedar nongkrong bersama teman-temannya.

Jika pada suatu kesempatan anda datang ke Jakarta, cobalah singgah dilantai enam Pacific Placa di kawasan jakarta selatan dekat semanggi-senayan. kalau biasanya ke Ibukota mengunjungi Dunia Fantasi di Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Kini Kidzania bisa jadi target berikutnya. Dibuka pada bulan November 2007, Kidzania langsung menjadi buruan anak-anak sekolah karena merupakan arena gabungan hiburan dan pendidikan alias edutainment. Dibandingkan dengan lainnya, Kidzania memang memiliki keistimewaan tersendiri. kendati Wahana permainannya khusus bagi anak-anak berusia 2-16 tahun, Orang tua pun boleh bergabung.

Di Kidzania, anak-anak diberi kesempatan dan kebebasan melakukan serta mencoba permainan yang mereka inginkan. Mereka bebas berinisiatif tanpa campur tangan orangtua yang juga memberi dampak luar biasa bagi anak. Contohnya, setiap anak-anak diberikan cek untuk modal bermain. Nantinya, mereka dapat menukarkan cek tersebut dengan uang untuk membayar setiap game. Nah, disini anak-anak pun diwajibkan antri sendiri tanpa Orangtua. mulai dari proses tukar cek di bank khusus anak-anak hingga permainan itu sendiri.

Begitu memasuki Kidzania, Anda akan merasa berbeda di dalam miniatur sebuah kota. tentu saja ada jalan raya, aneka bangunan bahkan kenderaan-kenderaan yang memenuhi jalan. Seperti dikota-kota besar, anak-anak juga bisa naik taksi atau bus kota. Pastinya, Mereka juga harus antri atau booking via telepon. Anak-anak akan memainkan peran sebagai orang dewasa dan mempelajari berbagai profesi. Total ada lebih 100 pilihan profesi dan pekerjaan seperti yang kita kenal di kehidupan sehari-hari. Bisa itu Pilot, detektif, dokter, pengacara, polisi, pemadam kebakaran, pekerja salon, wartawan, model, tukang bangunan hingga pembalap.

Untuk membalap atau menyetir, anak-anak juga diwajibkan ujian SIM terlebih dahulu. Bahkan mereka pun harus cek kesehatan di rumah sakit yang juga "Mempekerjakan" anak-anak sebagai dokter. Selain Permainan,anak-anak juga bisa belajar cara membuat cokelat, wafel, roti, susu dan lainnya. Setiap aktifitas bermain peran di Kidzania meliputi empat area, yaitu arena pengembangan diri sendiri (menambah ilmu pengetahuan dan peran sosial), Interpersonal (mengembangkan keterampilan persoalisasi), Biologis (Mengembangkan keterampilan Fisik), dan sosial Budaya (Mengimitasi peran yang diminati).

Orangtua hanya bisa memantau sembari tersenyum melihat tingkah laku anak-anaknya. Namun, jangan khawatir karena Kidzania juga aman. Pasalnya, setiap anak dibekali gelang untuk melacak keberadaannya selama di area kidzania. alat ini hanya bisa dilepas setelah pengunjung meninggalkan arena. Jadi, jangan takut kalau anak-anak akan hilang ditmpat yang luas ini. jangan juga khawatir anak anda akan tersesat karena ada petugas yang memandu mereka. Tapi jadilah saksi anak-anak merasakan petualangan seru di dunia yang unik dan edukatif.
Share this article now on :

Post a Comment